9.10.12

Instalasi Mikrotik 5.20

Seperti yang saya janjikan pada postingan sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan tentang langkah-langkah instalasi Mikrotik. Saya menggunakan Mikrotik 5.20, jika Anda ingin mendownload silakan klik disini.

Karena pada proses instalasi ini saya lakukan di Virtual Machine VirtualBox, maka langkah pertama yaitu Setting Storage lalu browse file .iso nya.

 

 1. Kita mulai langkah instalasi yang pertama. Muncul tampilan Welcome, yang berisi paket-paket data yang akan kita instal. 


Kita pilih semua paket yang akan kita instal dengan menekan 'a' lalu tekan 'i' untuk menginstal.
--------------------------------------------------------------
Penjelasan paket-paket instalasi mikrotik :
a. PPP (Point to Point Protocol)
   Diperlukan untuk fitur komunikasi serial dengan menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet (PPPoE).

b. DHCP
   Adalah Paket yang memuat fitur DCPC baik yang diperlukan untuk menjadi client maupun server. Dengan menggunakan fitur DHCP client interface ethernet dapat diberi. alamat IP, netmask dan default gateway secara dynamic. Pada saat DHCP client mendapatkan semua informasi tersebut maka secara otomatis interface ethernet dhcp client tersebut diset alamat IP dan netmask sesuai yang diberikan dhcp server.

Berhubung pada postingan ini saya fokus dengan langkah - langkah Instalasi, maka untuk penjelasan paket-paket instalasi Mikrotik akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya :)

2. Lanjut ke langkah instalasi yang kedua, setelah menginstal paket, akan muncul pilihan "Do you want to keep old configuration ? . Pilih 'Y'.

3. Selanjutnya muncul peringatan yang maksudnya memberitahu bahwa semua data akan hilang.  Pilih 'Y' untuk melanjutkan proses instalasi.


4. Tunggu proses instalasi, biasanya proses instalasi Mikrotik ini relatif cepat, kurang dari 10 menit.
    Setelah proses selesai, pilih ENTER untuk merestart komputer secara otomatis.


5. Setelah restart, pada tampilan ini kita diminta untuk checkdisk. Pilih 'Y' untuk menyetujui atau 'N' untuk tidak menyetujui.


6. Muncul tampilan login. Silakan login sebagai admin, dan password di 'enter' saja karena default password kosong.


7. Jika instalasi dan login berhasil, maka akan muncul tampilan awal Mikrotik seperti di bawah ini.


Welcome to Mikrotik RouterOS :D

3 komentar:

  1. Aku AJari Cara Membobol Hotspot Ae Rum seng nganggo Mikrotik... haha. ^____^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus