20.9.12

Instalasi VM VirtualBox

Nah kali ini saya akan menulis tentang VM (Virtual Machine). Apa itu Virtual Machine ?
Menurut Wikipedia, Virtual Machine adlah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. Contoh VM adalah VirtualBox, VMWare, dll.
Dan yang akan saya jelaskan kali ini adalah tentang Instalasi Virtual Machine VirtualBox. Langkah - langkahnya sebagai berikut :


1.      Klik 2x file setup VirtualBox - 4.1.22-80657-Win.


2.      Akan muncul tampilan seperti berikut, lalu pilih Next.
      
3.      Selanjutnya pilih Next lagi sampai muncul kotak dialog “Warning : Network Interfaces” . Pilih Yes, untuk melanjutkan proses instalasi.

4.      Pilih Install, untuk memulai proses instalasi. Kemudian tunggu proses instalasi.

5.    Pada kotak dialog “Windows Security” beri tanda centang pada kalimat “Always trust software from Oracle Corporation”. Lalu pilih Install.

7.      Pilih Finish ketika proses instalasi selesai.



Berikut adalah tampilan awal VirtualBox yang baru saja di instal :

Gimana ? Cukup mudah kan ? Instalasi VirtualBox ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama karena software VirtualBox ini memiliki size yang relatif kecil, sekitar 90,5 MB.
Virtual Machine ini berguna untuk mengeksekusi sistem operasi tambahan di dalam didtem operasi utama. Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem operasi tanpa harus kehilangansistem yang sudah ada.


DOWNLOAD VM VIRTUALBOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar